Lets Get Work...!

iklan murah


Bekerja sepanjang hari di kantor ternyata gak sehat lho. Kamu harus duduk selama berjam-jam, makan jadi sembarangan, ditambah lagi ada kerjaan menumpuk yang bisa memicu stres. Ketika kamu terlalu sibuk bekerja, kamu jadi lupa deh memperhatikan kesehatanmu.
Lalu gimana dong? Tenang, Hipwee punya sedikit tips yang bisa membuat hari-harimu di kantor lebih sehat dan bersemangat (dan waktu lebih cepat berlalu tentunya):

 1. Makan makanan yang sehat

Makan makanan sehat

Merasa capek saat bekerja dan akhirnya malah gak bisa ngerjain apa-apa? Yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan makan secara sehat, dimulai dari sarapan.
Sarapan membantu kamu menyediakan energi untuk satu hari ke depan, jadi saat sarapan jangan asal kenyang. Pastikan asupan gizi yang masuk saat sarapan itu seimbang, dan jangan makan terlalu banyak juga biar gak ngantuk.
Meluangkan waktu sejenak lepas dari meja kerja untuk makan siang juga membantu kamu makan lebih baik dan kamu juga bisa ganti suasana.


2. Bikin ruang kerja yang ergonomis

Meja kerja ergonomis

Duduk sepanjang hari bisa bikin badanmu pegal-pegal, apalagi kalo cara dudukmu gak bener. Untuk menghindarinya ternyata mudah kok, kamu cukup bikin meja kerjamu ergonomis dengan memposisikan keyboard dan mouse sedemikian rupa, mengatur tinggi layar monitor sejajar mata, dan pastikan posisi dudukmu benar. Kamu mungkin juga bisa menggunakan kursi yang nyaman dan menjaga posturmu.


3. Bangun dan bergerak

Jangan duduk terus

Punya meja kerja yang ergonomis aja gak cukup — duduk terlalu lama itu juga berbahaya. Jadi, biar kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit dan cidera, penting banget buat sering-sering bangun dari kursimu. Setidaknya setiap setengah jam, bangkitlah dari kursimu dan berjalan-jalanlah sebentar.
Atau kalo kamu mau, kamu bisa menyingkirkan kursi dari meja kerjamu dan mulai menggunakan meja berdiri.


4. Hindari kelelahan mata gara-gara komputer

Mata lelah?

Kalo kamu pernah mengalami mata sakit atau pusing sepulang kerja, mungkin karena kamu terlalu lama menatap layar monitor. Beristirahat sejenak seperti yang udah disebutkan di poin sebelumnya bisa membantu mencegah kelelahan mata. Saat matamu beralih dari layar, usahakan melihat ke kejauhan atau warna-warna hijau. Kacamata khusus untuk komputer juga mempan, meski agak mahal.


5. Berteman dengan rekan kerja

Berteman dengan rekan kerja

Rekan kerja kadang mengganggu dan menyebalkan, tapi berkawan sama mereka bisa bikin kerjaanmu gak begitu bikin stres. Bahkan, menurut penelitian, mereka yang ramah dengan rekan kerjanya ternyata usia hidupnya lebih lama lho.
Mereka bisa membantu kamu mengerjakan sesuatu. Selama perhatianmu gak teralihkan, rekan kerja bisa meningkatkan produktivitas dan membuatmu lebih sehat.


6. Alokasikan waktu untuk berolahraga

Olahraga di tempat kerja

Rutin berolahraga baik untuk menjaga kamu tetap sehat dan semangat, tapi tuntutan kerjaan kadang bikin kita susah mengatur waktu untuk berolahraga. Tapi, olahraga ‘kan gak harus ke gym. Kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk naik turun tangga, push-upsit-up, atau bawa barbel sendiri untuk latian angkat beban di kantor.


7. Pupuk ritual pribadi yang membuatmu tetap waras

Ritual pagi di kantor

Mungkin terdengar bodoh, tapi ritual yang kamu lakukan — baik itu bikin teh tiap pagi, mengganti air di vas bunga, memberi makan kucing yang nyasar di kantor – bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu lho! Jadi, jangan meremehkan ritual kecil yang kelihatannya gak penting.


8. Tidur yang cukup (atau curi-curi tidur siang di kantor)

Tidur di kantor

Udah tau ‘kan kalo kurang tidur itu gak bagus buat kesehatan dan produktivitasmu? Tapi cuma sedikit dari kita yang mau mengubah kebiasaan tidur ke yang lebih baik. Kalo kamu susah banget buat mendapatkan tidur yang cukup di waktu malam, cobalah curi-curi untuk tidur siang di kantor barang sejenak. Tidur sejenak bisa membuatmu produktif dan kreatif. Pastikan tidurmu tidak terlalu singkat atau terlalu lama.


9. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras

Kerja cerdas

Bekerja terlalu keras bisa menimbulkan stres dan berakibat buruk bagi kesehatanmu. Pola pikir yang seharusnya digunakan bukan kerja keras, melainkan kerja cerdas, yang berarti memanfaatkan waktu dengan lebih efisien, mengerjakan pekerjaan paling penting pada jam-jam kamu paling semangat, dan jangan terjebak dengan perasaan “terlalu sibuk”.
Semakin cerdas caramu bekerja, semakin sedikit waktu yang kamu perlukan untuk memikirkan pekerjaan yang harus dilakukan.


10. Pulang aja sih!

 lebih lama bekerja gak berarti lebih produktif. Coba tanyakan sama dirimu sendiri, berapa jam kerjamu seminggu? Penelitian mengungkapkan bahwa bekerja lebih dari 40 jam seminggu menurunkan produktivitas kerjamu, kesehatanmu, dan penghasilanmu (toh dengan jam kerja lebih sedikit, bayaranmu tetap sama kan). Kalo udah waktunya pulang, ya pulang aja.

Ternyata pekerjaan dan kesehatan bisa bersinergi kok, asalkan kita cukup cerdas mengelolanya. Semoga berhasil!

0 Response to "Lets Get Work...!"

Post a Comment

ad size ad size ad size ad size ad size ad size

Artikel Menarik Lain nya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamu dapat berlangganan dan mendapatkan Artikel Terbaru dari e.com secara GRATIS hanya dengan memasukan alamat email address anda dibawah ini lalu pencet tombol SUBSCRIBE :

Delivered by FeedBurner