it's all about Spaghety...

iklan murah



Hhhhhmm.... Pasta...

Saat pertama kali nama itu disebut pasti yang terbayang di pikiran kita adalah spaghetti lengkap dengan sause tomat dan daging dengan taburan keju. Yup! Spaghetti adalah salah satu jenis pasta. Aku pikir dulu yang namanya spaghetti itu harus selalu dengan sauce bolognaise (sauce tomat dengan daging cincang) tapi ternyata ada juga yang memakai sauce lada hitam dan sebagainya. Ternyata pasta itu tidak Cuma spaghetti ya… tapi banyak jenisnya dan diantaranyapun sudah akrab ditelinga kita
Makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak

Sejarah Pasta

Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. Di Tiongkok, mi sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah jenis tanah loess yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditermukan mi berwarna kuning di dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mi sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mi dibuat dari tepung biji milet. (http://id.wikipedia.org/wiki/Pasta)

Pembuatan Pasta

Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.
Di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.
Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar memerlukan waktu masak yang singkat, namun pasta segar tidak tahan lama disimpan karena memiliki kadar air yang tinggi. Pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%. Pasta yang sudah dimasak dan tinggal dipanaskan dengan oven microwave juga sering dijumpai di bagian makanan beku pasar swalayan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Pasta)

Berbagai Macam Pasta


Farfalle. Pasta ini berbentuk dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Cocok dengan hidangan salad atau maincourse dengan sauce yang creamy seperti mornay sauce. 
Cochiglioni. Bentuknya menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi soup salad dan main course.
Canelloni. Bentuknya seperti pipa berlubang sengan diameter 3 cm dan panjang 5cm. Jenis ini dengan ukuran lebih panjang dikenal dengan nama rigatoni, sedangkan yang berujung serong disebuat penne. Cocok diolah menjadi snack panggang atau rebus dengancampuran daging dan keju. Pada bagian tengahnya yang berlubang bisa diisi dengan daging.
Lasagne. Berbentuk lembaran tipis dengan ukuran 5×27 cm ( Spaghety )
Macaroni. Pasta berbentuk pipa melengkung dengan lubang di tengahnya. Ini adalah jenis pasta yang paling akrab dengan kita yang biasa kita temukan di hidangan soup atau bisa diolah menjadi macaroni schootel.

Fusilli. Kadang-kadang kita menyebutnya dengan macaroni keriting. Bentuknya pendek dan spiral. Bisanya diolah dengan cream sauce bercampur tomat dan kacang polong.

       Fettuccine. Bentuknya seperti kuetiau, tipis dan lebar. Dapat dijumpai dengan tiga warna: hijau dari sari  bayam, hitam dari tinta cumi-cumi dan kuning dari telur. Cocok dijadikan hidangan utama dengan daging, sayuran dan seafood.

Tip Menngolah Pasta

§ Pasta direbus sampai kenyal yang biasanya disebut al dente atau tidak terlalu matang. Tapi biasanya kita memasak pasta sampai benar-benar empuk.
§ Rebus pasata dalam air mendidih dengan perbandingan1.5 liter air untuk 100 gram pasta.
§ Sebenarnya, di Negara asalnya rasa pasta itu tawar tapi di sini rasa masakan pasta tidak tawar melainkan sedikit asin. Untuk itu anda bisa menambahkan sedikit garam pada saat perbusan agar rasa pasta tidak terlalu tawar.
§ Pasta basah memerlukan 2-3 menit waktu perbusan sementara pasta kering 8-10 menit. Jika kurang dari itu pasta akan terasa mentah dank eras, dan jika lebih pasta tidak akan kenyal lagi tapi empuk.
§ Hilangkan kebiasaan menambahkan minyak goreng atau mentega ke dalam rebusan. Ini dapat membuat sauce pasta tidak meresap sempurna.
§ Campur sauce pelengkap pada saat pasta masih panas agar sauce dapat meresap dan pasta tidak lengket.

0 Response to "it's all about Spaghety..."

Post a Comment

ad size ad size ad size ad size ad size ad size

Artikel Menarik Lain nya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamu dapat berlangganan dan mendapatkan Artikel Terbaru dari e.com secara GRATIS hanya dengan memasukan alamat email address anda dibawah ini lalu pencet tombol SUBSCRIBE :

Delivered by FeedBurner